YOGA DAN ISLAM:sebuah paradigma spiritual


PARADIGMA SPIRITUAL
Yoga lahir dari rahim dunia Hindu, sekalipun menurut Mircea Eliade ia berasal dari zaman pra Hindu dan dapat ditelusuri sampai ke shamanisme pra  sejarah. Seperti sumbangan India lainnya kepada peradaban dunia,
misalnya sistem notasi angka yang kepadanya seluruh matematika bergantung, yoga tidak terikat dengan agama Hindu, tapi dapat dipakai secara universal. Ia dapat dipakai untuk membantu seseorang  untuk mengikuti agamanya secara lebih baik apapun agamanya. Ia juga punya hubungan tertentu dengan Islam yang melahirkan sebuah studi menarik.
Yoga mudah menyatu dengan kehidupan Islam; karena sesungguhnya keduanya saling membantu. Bukan saja tidak ada pertentangan, tapi Islam dan yoga sendiri membentuk sinergi yang saling menguntungkan. Keduanya setuju, bahwa sementara tubuh adalah penting sebagai kendaraan untuk meraih tujuan dan keselamatan spiritual, jati diri sejati manusia bukan pada tubuhnya tapi pada ruhnya yang abadi. Yoga bukanlah agama, melainkan rangkaian teknik dan skill yang meningkatkan praktik agama manapun. Pengarang Perancis Jean Dechanet menemukan hal yang sama dalam agamanya Katholik dan ia telah menulis buku Christian Yoga (New York : Harper, 1960). Begitu juga dengan Yoga Islam. Yoga Islam merupakan sebuah realitas yang benar-benar ada. Sangatlah mungkin menggunakan skill yoga dengan tujuan agar dapat beribadah kepada Allah secara lebih baik menjadi muslim yang lebih baik.
Metafisika Advaita Vedanta sejalan dengan tauhid Islam, maka ada kecocokan yang sempurna antara Islam dan Yoga pada tingkat yang paling mendasar. Seluruh ajaran esoteris tradisional sepakat bahwa apapun di dunia nyata ini punya asal usulnya di dunia ideal. Seluruh manifestasi di dunia material berasal dari pola dasar (archetypes-nya) di alam ideal (dikenal sebagai al-tsabitah dalam metafisika Ibnu Arabi). Dunia apa adanya yang terbatas ini, tak lain adalah sebuah ekspresi dari realitasi asal itu, dan pada akhirnya akan kembali terserap ke asal ideal itu.
Advaita Vedanta dan ajaran Esoteris Islam sepakat bahwa Tuhan adalah satu-satunya realitas absolut, realitas abadi; seluruh selain-Nya hanyalah bersifat mungkin dan karenanya sementara. Pandangan tunggal tentang realitas dalam Advaita Vedanta sejalan belaka dengan Tauhid Islam, dan dengan ketunggalan wujud dalam ajaran Ibnu Arabi.
Menarik membandingkan simbolisme perjalanan malam Nabi Muhammad, Mi’raj, dengan simbolisme serupa dalam Yoga. Nabi SAW naik ke langit dengan mengendarai Buraq, binatang kendaraan dengan kepala seorang manusia, melalui tujuh lapis langit ke Arsy Tuhan. Dalam Yoga, Kundalini adalah energi (shakti) feminin yang bersemayam di sumsum tulang belakang (setiap orang) dan –ketika diaktifkan- energi itu merambat naik melalui tujuh tingkatan (dilambangkan dengan tujuh chakra), menuju puncak pembebasan (brahmarandhra).
Salah satu kesesuaian paling nyata antara Islam dan Hatha Yoga adalah keserupaan sholat dengan gerakan (asana) dalam Yoga. Beribu-ribu pose (asana) dan variasi yang dikenal dalam Hatha Yoga dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa tipe dasar mencakup posisi berdiri, posisi peregangan tulang belakang/spinal stretches, pose-pose terbalik/inverted postures, pose-pose duduk dan pose-pose memuntir tulang belakang (spinal twist). Jeniusnya, sholat Islam adalah karena dapat menggabungkan seluruh bentuk gerakan dasar ini ke dalam rangkaian gerakan yang padat dan mengalir, yang menjamin sebuah jalan latihan yang sempurna dan serba guna untuk kesehatan yang mudah dilakukan setiap orang

PENASEHAT SPIRITUAL JURUSABDA

PENASEHAT SPIRITUAL JURUSABDA
KIDUNG PAMUNGKAS

Mengenai Saya

Foto saya
kulonprogo, yogyakarta, Indonesia
KONSULTAN SPIRITUAL DARI JOGJAKARTA .Menjadi tempat CURHATnya artis,pengusaha dan masyarakat umum.keahliannya dibidang spiritual pengobatan alternatif diwarisi turun temurun dari trah leluhurnya.Beliau juga menimba ilmu dari berbagai padepokan/perguruan di Indonesia.Bahkan beliau juga mendalami ilmu psikologi dan ilmu keperawatan disebuah perguruan tinggi diyogyakarta.Pasien pasiennya datang dari berbagai kalangan,mulai dari tukang becak,pejabat,pengusaha,hingga kalangan artis dan selebritis.ingin BUKA AURA,BEDAH AURA,PASANG SUSUK GAIB,KECANTIKAN,ingin memiliki daya pikat tinggi sehingga disenangi semua orang,PAGAR BADAN,PAGAR GAIB,ruwatan nasib,ingin cantik/tampan,kewibawaan,mengikat suami/istri agar setia selamanya tidak bisa selingkuh,pacar supaya tidak lari,PEGANGAN BISNIS,MELANCARKAN USAHA,PENGOBATAN berbagai macam penyakit medis nonmedis dll.Pasien yang datang berobat/konsultasi berasal dari berbagai kota di indonesia:JOGJAKARTA,BANDUNG,JAKARTA,SURABAYA,MEDAN,SEMARANG,BALIKPAPAN,SULAWESI,BALI,BATAM,bahkan dari negara negara tetangga seperti MALAYSIA,BRUNEI,SINGAPURA,KUWAIT,ARAB SAUDI,USA dll.silakan menghubungi beliau

ALAMAT PRAKTEK

kidung pamungkas/ki sugeng winarto


PRAKTEK PENGOBATAN
untuk wilayah JAKARTA,BOGOR,DEPOK ,TANGERANG,BEKASI DAN SEKITARNYA
silakan bisa silaturahmi (dengan perjanjian/telpon terlebih dahulu)
PERUMAHAN TAMAN WISMA ASRI 2
BEKASI -JAWA BARAT



untuk daerah YOGYAKARTA
pedukuhan v DS.PANJATAN
KEC.PANJATAN
kulonprogo-YOGYAKARTA




DS.KLEGENWONOSARI RT 04/02 NO.27.KLIRONG
KAB.KEBUMEN -JAWA TENGAH 54381

HP : +62817276303 / +6281227098 327